surah at tin


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم

وَٱلتِّينِ وَٱلزَّيْتُونِ ﴿١﴾ وَطُورِ سِينِينَ ﴿٢﴾ وَهَٰذَا ٱلْبَلَدِ ٱلْأَمِينِ ﴿٣﴾ لَقَدْ خَلَقْنَا ٱلْإِنسَٰنَ فِىٓ أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ ﴿٤﴾ ثُمَّ رَدَدْنَٰهُ أَسْفَلَ سَٰفِلِينَ ﴿٥﴾ إِلَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ فَلَهُمْ أَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُونٍ ﴿٦﴾ فَمَا يُكَذِّبُكَ بَعْدُ بِٱلدِّينِ ﴿٧﴾ أَلَيْسَ ٱللَّهُ بِأَحْكَمِ ٱلْحَٰكِمِينَ ﴿٨

Wattiini wazzaituun, watuurisiiniin, wahaadzal baladil amiin, laqod holaqnal insaana fii ahsani taqwiim, tsumma rodadnaahu asfala saafiliin, illalladziina amanu wa'amilussoolihaati falahum ajrun ghoiru mamnuun, famaa yukadzzibuka ba'du biddiin, alaisalloohu bi ahkamil haakimiin.
Artinya:
1). Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun
2). Dan demi bukit Sinai
3). Dan demi kota (Mekah) ini yang aman
4). Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya 
5). Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka)
6). Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya
7). Maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan (hari) pembalasan sesudah (adanya keterangan-keterangan) itu? 
8). Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya?

1. At-Tin, yakni pohon/buah Tin atau tempat tumbuhnya, atau tempat seorang nabi menerima wahyu Ilahi[1].

2. Az-zaitun, yakni pohon/buah zaitun, atau tempat tumbuhnya, atau tempat Nabi Isa as. menerima wahyu[1].

3.Bukit Sinai dimana Nabi Musa as. memperoleh wahyu Ilahi [2].

4. Kota Mekkah yang dilukiskan sebagai tempat yang aman di mana Nabi Muhammad saw. pertama kali menerima wahyu [3].

Demi keempat hal diatas, Allah menegaskan bahwa : “Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya”[4].

Pelajaran Yang Dapat Dipetik Dari Ayat 1-4

 1. Dengan bersumpah menyebut tempat-tempat memancarnya cahaya Tuhan yang benderang, ayat-ayat di atas seakan-akan menyampaikan pesan bahwa manusia yang diciptakan Allah dalam bentuk fisik dan psikis yang sebaik-baiknya akan bertahan dalam keadaan seperti itu, selama mereka mengikuti petunjuk-petunjuk yang disampaikan kepada para nabi tersebut di tempat-tempat suci itu.

2.Manusia diciptakan dalam bentuk fisik dan psikis yang sebaik-baiknya intuk melaksanakan fungsi kekhalifahan, yakni beribadah kepada-Nya dengan membangun dunia ini sesuai kehendak Allah.

3. Ada peranan orang tua dalam kelahiran anak dan dalam kesempurnaan penciptaannya. Itu dipahami dari penggunaan kata “Kami“ pada ayat 4 di atas. Karena itu, ibu bapak harus berusaha mengikuti tuntunan yang berkaitan dengan kelahiran pertumbuhan/pengembangan dan pendidikan anak-anaknya.
Inti Sari Kandungan Ayat 5-8

Ayat  5 melukiskan bahwa manusia yang telah diciptakan Allah dalam bentuk yang sebaik-baiknya itu, akibat satu dan lain hal, dikembalikan Allah akibat ulah manusia itu sendiri ke (tingkat) yang serendah-rendahnya. Ayat 6 mengecualikan dengan menyatakan, tetapi orang-orang yang beriman dengan keimanan yang benar dan membuktikan kebenaran imannya dengan mengerjakan amal-amal yang saleh, maka bagi mereka secara khusus pahala agung yang tiada putus-putusnya.

Jika demikian itu haknya, yakni Allah member ganjaran dan balasan, maka ayat 7 dan 8 mengecam para pendurhaka dengan menyatakan-maka apakah yang menyebabkanmu wahai manusia durhaka mengingkari keniscayaan Hari Pembalasan sesudah jelasnya keterangan-keterangan itu [7]. Bukankah Allah yang telah mencipta manusia dalma bentuk yang sebaik-baiknya dan mengutus para nabi untuk menunjuki manusia jalan lurus serta memberi balasan dan ganjaran yang adil, bukankah DIa sebijaksana-sebijaksana dan seadil-adilnya Hakam/Hakim Pemutus Perkara dan Pengatur segala sesuatu? [8]. Benar, Dia adalah sebaik-baik Hakam!

Pelajaran Yang Dapat Dipetik Dari Ayat 5-8

1. Manusia mencapai tingkat yang setingi-tingginya (ahsan taqwim) bila dia berhasil memadukan secara seimbang anatar kebutuhan jasmani dna rohaninya, fisik dan jiwa. Bila dia hanya memerhatikan dan melayani kebutuhan-kebutuhan jasmaninya saja, atau melayaninya secara tidak seimbang, maka dia akan kembali atau dikembalikan kepada proses awal kejadiannya, sebelum Ruh Ilahi itu menyentuh fisiknya.

2. Kejatuhan manusia ke tingkat serendah-rendahnya itu adalah karena ulahnya sendiri. Keterlibatan Allah dalam kejatuhan itu berkaitan dengan sistem yang ditetapkan-Nya, di mana manusia lebih memilih jalan yang ditempuhnya.

3.Allah adalah sebaik-baiknya hakam, yakni semua ketetapan-Nya mengandung hikmah-termasuk penciptaan manusia. Karena itu, tidak mungkin Dia mempersamakan antara yang taat dengan yang durhaka. Tidak mungkin pula Dia membiarkan mereka tanpa balasan. Karena itu sungguh mengherankan jika ada yang meragukan adanya Hari Pembalasan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

surah an naba'

kandungan Q.S.Al-Kahfi ayat 29

surah an nazi'at